Tuesday, July 19, 2011

OALAH DATA STANDART EXCEL

Rumus atau dalam Excel disebut sebagai Fungsi merupakan bagian terpenting dari penggunaan program aplikasi Microsoft Excel, karena setiap tabel atau dokumen yang diketikkan dalam excel selalu berhubungan dengan rumus atau fungsi tersebut. 

Dalam penulisan fungsi , terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Setiap rumus harus diawali dengan tanda sama dengan (=)
  2. Antara sel data dengan syarat yang ditentukan harus menggunakan operator pembanding. Dalam fungsi Microsoft Excel, beberapa operator pembanding yang digunakan:
  3. 3. Perhatikan pengaturan sistem opearsi Windows, pengaturan ini terkait dengan tanda baca yang tentunya akan menentukan benar atau salahnya sebuah rumus yang digunakan. Bila setting pengaturan bahasa pada Control Panel menggunakan English (Indonesian) maka menggunakan tanda titik koma (;), dan jika menggunakan English (United States) maka menggunakan tanda koma (,).

Menuliskan data pada cell dengan cara manual
Contoh:
Jika Anda punya data di cell A1 = 5 dan di cell B1 = 6, kemudian Anda akan menjumlahkan 2 data tersebut di cell C1, maka dengan cara memilih cell C1 lalu mengetik =A1+B1 tekan Enter, maka diperoleh hasil di cellC1 =11.

Menuliskan data pada cell dengan mouse
Contoh:
Dengan menggunakan contoh di atas, jika Anda ingin mengalikan antara cell A1 = 5 dan cell B1 = 7, maka aktifkan cell C1 untuk menenpatkan hasil perkalian, lalu ketik “=” kemudian dengan mouse klik cell A1 lalu ketik “*” (dengan cara tekan shift+8) dan klik lagi cell B1, kemudian akhiri dengan menekan Enter, diperoleh hasil di cell C1 = 35.
Bagikan

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “OALAH DATA STANDART EXCEL”

Post a Comment

tinggalkan komentar anda..

Followers

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by belajardotcom

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger