Tuesday, July 19, 2011

TIPS : Mengatus ANIMASI PPT

Tips PowerPoint kali ini adalah bagaimana kita mengenal dan mengatur efek gerakan sebuah benda yang diberikan efek animasi. Tips ini adalah dasar-dasar untuk menghasilkan rancangan animasi dengan PowerPoint yang lebih interaktif.

Ilustrasi Fisika

Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tertentu kemudian mengalami perlambatan lalu berhenti. Dalam rancangan animasi yang sering ditemui (tentunya, yang dirancang dengan menggunakan PowerPoint), efek perlambatan tidak nampak, yang ada adalah berhenti tiba-tiba walaupun yang dibahas saat itu masalah percepatan atau perlambatan. Bagaimana mengatasi masalah ini, kita akan membahasnya berikut ini.
  1. Buatlah gambar seperti gambar di samping atau silahkan download gambarnya
  2. Berikan efek animasi bergerak dari kiri ke kanan (dengan cara Aktifkan gambar mobil – Animations - Custom Animation – Add Effect – Motion Paths – Draw Custom Path – Line)
  3. Jalankan animasi dengan menekan F5
Perhatikan gerakan animasi (lebih detail silahkan ubah Speed: Veri Slow). Apakah gerakannya terjadi perlambatan sebelum berhenti? Jawabannya tidak. Hal ini terjadi karena settingan efek animasi belum diatur. Lanjutkan langkah berikut
  1. Aktifkan efek animasi, kemudian pilih tandah panah pada bagian efek animasi
  2. Pilih Timing, akan muncul kotak dialog Custom Path
  3. Klik Effect
  4. Hilangkan tanda centang pada kotak Smoth star
  5. Berikan tanda centang pada kotak Smoth end
  6. Hilangkan tanda centang pada Auto – reverse
  7. Klik Ok
  8. Jalankan animasi dengan menekan F5
Perhatikan kembali animasinya! Semoga nampak proses perlambatannya.

Catatan: Arti Smoth end adalah gerakan awal akan bergerak perlahan-lahan kemudian kecepatannya akan konstan. Smoth end adalah saat akan berhenti maka gerakanya akan melambat kemudian berhenti. Sedangkan, Auto – reverse adalah gerakan akan kembali ke posisi awal (bolak balik tapi gerakan benda akan bergerak mundur).

Insya Allah tips ini akan memberikan manfaat untuk menghasilkan media pembelajaran yang lebih interaktif hanya dengan memanfaatkan fasilitas PowerPoint. Bagikan

Artikel Terkait:

Comments :

1
Kadir Aridah said...
on 

trimaksaih atas tips nya ya,,,,,

Post a Comment

tinggalkan komentar anda..

Followers

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by belajardotcom

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger