Tuesday, July 19, 2011

MENGELOMPOKKAN RUMUS




Dalam dunia pendidikan, khususnya bagi mahasiswa atau guru mengelolah data yang dalam jumlah banyak tentunya akan menjadi repot jika dikerja secara manual dengan menggunakan alat hitung seperti kalkulator dan lebih lagi jika hanya menggunakan alat tulis dan bantuan otak untuk menghitung. Dengan menggunakan alat bantu komputer, misalnya dengan menggunakan aplikasi excel maka pekerjaan tersebut akan lebih mudah dan cepat, yang diperlukan hanyalah menempatkan persaamaan atau rumus yang benar pada cell yang dipersiapkan untuk posisi jawaban. 


Persamaan yang benar dan pengelompokan operator pembanding yang sesuai tentunya akan memberikan hasil yang benar, untuk itu seseorang yang ingin menggunakan aplikasi excel harus tahu benar pengelompokan rumus tersebut. Tentunya tidak menjadi masalah jika hanya menggunakan operator pembanding terdiri dari 1 (satu) operator. Misalnya: 3*4*2 maka solusinya cukup dengan mengetikkan di cell yang diawali (=) dan dilanjutkan dengan angka-angka serta operator pembanding yang digunakan, sehingga diperoleh =3*4*2 dan diperoleh hasil pada cell tersebut 24.

Bagaimana dengan menggunakan operator pembanding lebih dari satu? yang perlu dilakukan adalah kita harus mampu mengelompokkan data-data tersebut yang dipisahkan dengan simbol (). Misalnya:
Penyelesaian contoh rumus (gambar) di atas dapat diatas dengan menyelesaikan secara bertahap pada penggunaan operator pembanding, yaitu:
  1. Menyelesaikan rumus (penyebut): m2-m1 dalam penulisannya diexcel harus diberi tanda () menjadi  (m2-m1)
  2. Selanjutnya penyebut g dapat langsung dikalikan (menggunakan operator pembanding *) dengan rumus (m2-m1), sehingga menjadi (m2-m1)*g
  3. Selanjutnya kelompok pembagi menjadi (m1+m2)
  4. Supaya kelompok penyebut secara keseluruhan habis terbagi dengan kelompok pembagi, maka rumus (m2-m1)*g diberi tanda (), sehingga menjadi ((m2-m1)*g) kemudian dengan menggunakan operator pembagi (/) diperoleh hasil menjadi ((m2-m1)*g)/(m1+m2)
  5. Jangan lupa untuk mendapatkan hasil perhitungan yang benar pada cell diawali dengan mengetikkan simbol (=), sehingga semuanya menjadi =((m2-m1)*g)/(m1+m2)
Pengelompokan rumus yang benar akan dieksekusi oleh excel dengan hasil yang sesuai, jika pengelompokan tidak sesuai maka otomatis excel akan menghitung seadanya (sesuai yang telah ditetapkan oleh pemrograman excel sendiri), misalnya pada cell =4+3-2/2 (penyebut 4+3-2 dan pembagi 2), hasilnya adalah 6 seharusnya hasil yang benar adalah 2,5. Bagikan

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “MENGELOMPOKKAN RUMUS”

Post a Comment

tinggalkan komentar anda..

Followers

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by belajardotcom

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger