Tuesday, July 19, 2011

Pengantar MICROSOFT EXCEL

Sebetulnya ada blog saya (Aplikom) yang khusus membahas tentang Microsoft Excel, namun untuk lebih memfokuskan pada blog ini sesuai dengan namanya "Ruang Berbagi Pengetahuan", maka secara khusus saya akan kembali mengulas tentang Excel bagi mahasiswa fisika (pendidikan) dan pembaca lainnya.


Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2010 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2010. Untuk pembahasan-pembahasan selanjutnya kita akan menggunakan versi 2007.

A. Elemen Microsoft Excel 2007 
Beberapa elemen penting dari Microsoft Excel 2007, antara lain:
  1. Office button: fasilitas ini sebelumnya (versi 2003) adalah menu bar File yang kemudian oleh Microsft Office mengubahnya dengan nama Office Button dengan sub menu, diantaranya: New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Publishl dengan tambahan baru Excel Options serta Exit.
  2. Menu bar: berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Edit, akan mempunyai sub menu yang berhubungan dengan edit data, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu bar terdiri dari : Home – Insert – Page Layout – Formulas – Data Review – View – Developer – Add-Ins
  3. Toolbars formatting: Bagian dari menu bar atau biasa disebut sebagai sub menu, contoh pada gambar sub menu dari Home yang fungsinya banyak digunakan untuk mengedit.
  4. Formula Bar: Menu bar adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 lalu enter
  5. Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.
  6. Worksheet atau halaman kerja MO Excel 2007. Halaman terdiri atas kolom (diberi label sesuai abjad) dan baris (diberi label sesuai angka penomoran). Irisan antara kolom dan baris disebut sel (cell). Sel dapat berisi angka, huruf, rumus atau kombinasi dari ketiganya.
  7. Scroll bar: Fasilitas yang digunakan untuk menampilkan tampilan halaman kerja “Worksheet”. (gambar )
  8. Sheet stage: halaman kerja tambahan pada satu file Excel 2007
  9. Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di ymbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom)
  10. Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel. Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.
B. Menggerakkan Petunjuk Cell (Cell Pointer)
Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard [lihat gambar di bawah ini]:

C. Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. 
Tata cara penulisan rumus, sebagai berikut:
  1. Setiap rumus di awali dengan tanda sama dengan (=)
  2. Antara sel dengan syarat yang ditentukan harus menggunakan operator pembanding. [perhatikan gambar di bawah ini]
  3. Perhatikan tanda baca yang digunakan pada rumus karena tanda baca sangat menentukan benar dan salahnya sebuah rumus, silahkan setting pengaturan bahasa pada control panel.
  4. Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-).

D. Mengatur Data dan Border
  1. Mengatur Teks
    • Tebal : blok data lalu Ctrl+B
    • Miring : blok data lalu Ctrl+I
    • Garis bawah : blok data lalu Ctrl+U
    • Rata kiri : blok data lalu Ctrl+L
    • Rata kanan : blok data lalu Ctrl+R
    • Rata kiri-kanan : blok data lalu Ctrl+J
    • Center : blok data lalu Ctrl+E
  2. Membuat garis tepi dan dalam
    • Masukkan data-data Anda, lalu blok (1)
    • Klik kanan dan pilih Format Cell (2)
    • Muncul kotak dialog Format Cell dan klik Border (3), 
    • Klik Outline untuk membuat garis luar (4)
    • Klik Inside untuk garis dalam (5)
    • Akhiri denga klik Ok (6)

Sebagai pengantar Microsoft Excel 2007, materi ini belumlah cukup dan salah satu hal untuk meminimalisir pengetahuan adalah bagaimana kita belajar dan terus menggali apa yang ingin kita ketahui. Tentunya admin AK-Ishaq dengan secara terbuka membuka ruang diskusi pada bagian bawah halaman ini, Wassalam. Bagikan

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Pengantar MICROSOFT EXCEL”

Post a Comment

tinggalkan komentar anda..

Followers

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by belajardotcom

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger