Tuesday, July 19, 2011

Pengantar, PowerPoint 2007

Pengantar, PowerPoint 2007

PowerPoint 2007 adalah satu aplikasi dari Microsoft Office 2007, yang banyak digunakan untuk media presentasi. Presentasi merupakan kegiatan yang penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar mereka membeli produk, menggunakan jasa atau untuk kepentingan lain . 

Salah satu alat peraga yang dapat digunakan untuk mendukung presentasi adalah komputer. Adapun salah satu perangkat lunak yang dapat dipakai adalah PowerPoint yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Dengan menggunakan software ini seseorang dapat menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu yang singkat.

Dalam kaitannya PowerPoint dengan materi fisika, maka pemanfaatan PowerPoint sebagai aplikasi presentasi sangat membantu mahasiswa dalam merancang media presentasi atau media pembelajaran.

Seorang mahasiswa dalam tugas-tugas mata kuliah lain, seperti seminar mata kuliah, proposal dan sebagainya, tentunya akan menggunakan media untuk mengkomunikasika isi tugasnya, bahkan dengan aplikasi PowerPoint seseorang mahasiswa dapat memfokuskan diri dalam mendesain media pembelajaran sebagai tugas akhir dalam menyusun skripsi.

Ada perbedaan mendasar antara media presentasi dengan media pembelajaran walaupun memiliki tujuan yang sama, yaitu menyampaikan materinya. Media presentasi ditinjau dar isinya lebih ringkas dan padat, sedangkan media pembelajaran materinya lebih banyak sesuai dengan apa yang ingin dijelaskan dan ingin dicapai. Walaupun media pembelajaran juga bisa presentasikan.

PowerPoint dengan Dalam konteks fisika, tentunya media presentasi atau media pembelajaran yang dirancang tidak lepas dari materi yang dibuatnya, seorang mahasiswa dalam merancang media dengan materi fisika tentunya perlu mempertimbangkan beberapa hal, antara lain:
  1. Isi materi , dalam hal ini kebenaran materi yang dipresentasikan
  2. Aplikasi pendukung, seperti gambar, video, animasi, dll. Hal tersebut memiliki keterkaitan antara materi dengan pendukungnya.
  3. Perpaduan warna
PowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui PowerPoint, bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint, bahkan dengan memanfaatkan aplikasi visual basic (VBA) seseorang dapat merancang simulasi.
Bagikan

Artikel Terkait:

Comments :

0 comments to “Pengantar, PowerPoint 2007”

Post a Comment

tinggalkan komentar anda..

Followers

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by belajardotcom

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger